Selasa, 25 Januari 2011

Kependudukan Bangsa Arab Pra Islam

Bila ditinjau dari segi daerah tempat tinggal, bangsa Arab yang wilayahnya terdiri dari padang pasir dan stepa, dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yakni penduduk pedalaman (Badui/Arabi) dan penduduk perkotaan.
            Penduduk pedalaman ini, tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap. Mereka adalah kaum Nomaden yang hidupnya selalu berpindah-pindah dari satu kawasan ke kawasan lain bersama binatang ternak mereka, guna untuk mencari sumber mata air dan padang rumput yang subur (oase).
            Kaum Badui ini hidup dari beternak kambing dan memerah susu sebagai konsumsinya sehari-hari.Sedangkan penduduk perkotaan, mereka sudah memiliki tempat tinggal yang permanen dibeberapa kota kecil secara terpisah-pisah. Dimana mereka sudah memiliki beragam keterampilan, seperti berdagang, bercocok tanam dan beternak.
            Baik penduduk pedalaman atau perkotaan, mereka semua hidup berkabilah-kabilah atau bersuku-suku sesuai garis keturunan (gen-nya) masing-masing. Oleh karena itu, sering sekali terjadi perselisihan antar kabilah yang biasanya berakhir dengan peperangan dan pertumpahan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar